Profil Sekolah

Dalam rangka pengabdian di bidang pendidikan maka SD Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru, telah mencanangkan program unggulan yang disebut dengan “Mumtaz School” yaitu program yang mengembangkan sistem spiritualisasi pendidikan dan menerapkan life skill ini memilih model “catur tunggal” yang terdiri dari Aqidah, Kebangsaan, Sains dan Tekhnologi. Diatas 4 pilihan inilah KBM di SD Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru dibangun. Untuk memudahkan para Orangtua dalam mengenal dan memahami sasaran Pendidikan di SD Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru

  1. VISI
    Visi pendidikan Al Azhar Syifa Budi Pekanbaru adalah : “merencanakan, menyelenggarakan dan menumbuhkembangkan pendidikan wawasan unggulan dengan sistem Spritualisasi Pendidikan dalam rangka Pola Al-Azhar Syifa Budi menuju pembentukan manusia seutuhnya – insan kamil. “ Character and nation building” manusia paripurna dalam rangka rahmatan lil alamiin, the Islamic way of life.
  2. MISI
    Misi pendidikan didasarkan pada ayat-ayat suci Al Qur’an, seperti yang tertera pada surat : Fushilat ayat 33 yang menyatakan : ‘Siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shaleh dan mengatakan : “sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.
    Dari ayat ini bisa disimpulkan bahwa menjadi orang yang baik haruslah memiliki atau berdasar pada 3 sifat antara lain :
    Menyeru setiap orang untuk mentaati perintah Allah (da’a ilallah)
    Beramal shaleh dan berbuat baik
    Mengucapkan dia adalah seorang muslim dan tunduk kepada Allah (Innanii minal muslimiin)
    Menyeru amar ma’ruf nahyi munkar dengan selalu memperhatikan hablum minallah (hubungan vertical) dan hablum minannaas (hubungan horizontal) yang bertumpu pada kemaslahatan manusia di dunia dan di akhirat.

C.TUJUAN
Tujuan pendidikan yang selama ini menjadi filosofi Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru adalah :

  1. Menyiapkan setiap orang untuk mentaati Allah. Cendekiawan muslim yang bertauhid, berakhlak mulia, cakap terampil guna berbakti pada masyarakat dan negara.
  2. Mampu menerapkan ajaran agama Islam dan Ilmu Pengetahuan dalam memelihara dan meningkatkan martabat umat dan bangsa.